Filsafat Sejarah

Filsafat sejarah adalah salah satu bagian filsafat yang berusaha memberikan jawaban terhadap pertanyaan mengenai makna dari suatu proses peristiwa sejarah. Dalam suatu peristiwa sejarah, terdapat banyak makna yang tersirat dan tersurat di dalamnya yang harus diungkap secara jelas agar tidak terjadi kesalahan dalam penafsirannya, karena sering sejarah hanya diidentikkan dengan perang dan pemberontakan yang nampak di depannya. Padahal tentu saja ada makna lebih yang ada dalam peristiwa-peristiwa itu, seperti bagaimana pelaku sejarah dalam sebuah peperangan dapat memenuhi kebutuhan pokoknya dan bagaimana tanggapan masyarakatnya sendiri tentang peristiwa tersebut. Masyarakat lain mungkin menganggapnya sebagai sebuah pemberontakan terhadap pemerintahan yang sah, akan tetapi mungkin masyarakat yang ada di wilayah tersebut menganggapnya sebagai bentuk perlawanan terhadap kekuasaan yang menekan kebebasan mereka.
Filsafat sejarah kritis membahas tentang kebenaran sumber atau sarana-sarana. Persoalan yang dihadapinya adalah adalah tentang penjelasan sejarah atau pada khususnya masalah penyebab atau sebab-akibat. Sejarah mengkaji cara-cara tertentu yang digunakan untuk menjelaskan suatu masalah, seperti sebab jangka panjang dan jangka pendek, sedangakan sejarah kritis menjelaskan masalah bentuk-bentuk penjelasan dalam berbagai unsurnya, baik bersifat determinisme maupun indeterminisme.
Filsafat sejarah kritis meletakkan posisi strategis, sejauh mana kita dapat memperoleh pengetahuan yang benar mengenai masa silam dan bagaimana sifat pengetahuan itu. Hal pertama yang dilakukan adalah kita menyadari bahwa suatu pengalaman langsung mengenai masa silam adalah tidak mungkin.
Kemudian pertanyaan mengenai kebenaran dalam mengkaji sejarah, membawa kita kepada masalah benar-tidaknya pernyataan-pernyataan para ahli sejarah mengenai masa silam. Masalah ini dapat diteliti melalui tiga tahapan:
1. Hendaknya kita tetapkan, apakah tepat maksud kita bila suatu pernyataan sejarah benar. Seorang ahli sejarah tidak hanya membatasi diri pada pernyataan-pernyataan yang benar pada masa silam, tetapi juga berusaha menerangkannya.
2. Pernyataan mengenai kebenaran atau kesahihan juga dapat diajukan mengenai hal tertentu pada masa lalu, serta keterangan historis mengenai itu, biasanya hanya merupakan sebagian dari buku-buku dan karangan yang ditulis oleh para ahli sejarah.
3. Sejauh mana suatu gambaran atau penafsiran mengenai masa depan dapat memadai atau benar.
Filsafat sejarah spekulatif berusaha untuk menemukan suatu struktur dasar dalam keseluruhan arus sejarah. Filsafat sejarah spekulatif tidak puas pada penggambaran keadaan masa silam, sehingga pencarian terhadap suatu struktur dalam yang tersembunyi dalam proses sejarah tersebut dilakukan secara lebih mendalam. Dari pandangan ini kemudian muncullah teori tentang gerak sejarah, yaitu teori gerak maju, teori gerak mundur dan teori perputaran sejarah.
Menurut Sartono Kartodirdjo, metodologi sejarah sering disebut juga filsafat sejarah kritis-analisis dan bukan filsafat sejarah spekulatif.
Penjelasan sejarah bertujuan untuk memperjelas suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau sehingga dapat dipahami secara keseluruhan. Penjelasan dilakukan dengan berdasarkan pola yang logis dan dapat dicerna oleh akal. Dalam penjelasan sejarah, suatu peristiwa akan mencerminkan hubungan yang sifatnya khusus, yaitu kondisi yang dialami oleh suatu masyarakat, dengan teori-teori tentang masyarakat secara umum.

2 pemikiran pada “Filsafat Sejarah

  1. filsapat sejarah mrupakan ilmu yang mempelajari suatu masalah berdasarkat rincian dari yang paling akar sampai yang muncul ke permukaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s